• Join Us on Google Plus!

Minggu, 18 Oktober 2015

Keragaman Bahasa Di Indonesia

Oktober 18, 2015 // by Unknown // No comments


Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau, Indonesia juga menjadi salah satu Negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak. Dengan banyaknya jumlah pulau di Indonesia dan banyaknya penduduk maka Indonesia pun merupakan Negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia, terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis yang tersebar di Indonesia ini. Indonesia memiliki bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Tapi dengan adanya lebih dari 740 suku bangsa maka Indonesia pun memiliki keragaman bahasa terbanyak yaitu sekitar 742 ragam bahasa

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, para kalangan ahli bahasa menyepakati  bahwa dari 742 ragam bahasa daerah tadi ada 13 bahasa daerah terbesar yang memiliki jumlah penutur minimal 1 juta jiwa, yaitu bahasa Jawa (75.5 juta), Sunda (27 juta), Melayu (20 juta), Madura (13.6 juta), Minangkabau (6.5 juta), Batak (5 juta), Bugis (4 juta), Bali (3.8 juta), Aceh (3 juta), Sasak (2 juta), Makasar (1.6 juta), Lampung (1.5 juta), dan Rejang (1 juta).

Jadi, hanya 13 bahasa daerah inilah yang lestari. Jika kita cermati, sebagian besar bahasa daerah terbesar tersebut berasal dari wilayah barat indonesia. Tercatat hanya bahasa Sasak, Bugis dan Makasar(wilayah timur indonesia) yang memiliki jumlah penutur di atas 1 juta jiwa.   

Hal ini terjadi karena secara geografis, semakin ke arah timur jumlah penduduk indonesia semakin sedikit, tapi jumlah keragaman bahasa daerahnya semakin banyak. sebaliknya, semakin ke arah barat, jumlah penduduk Indonesia makin banyak, tapi jumlah keragaman bahasa daerahnya semakin sedikit.
Ada beberapa faktor penyebab timbulnya keragaman bahasa yang ada di-Indonesia seperti halnya  Faktor Budaya dimana setiap daerah mempunyai perbedaan kultur atau daerah hidup yang berbeda seperti wilayah Jawa dan Papua dan beberapa wilayah Indonesia lainnya, faktor Sejarah yang setiap daerah mempunyai kebiasaan dan bahasa nenek moyang sendiri - sendiri dan berbeda – beda dan faktor Perbedaan Demografi yaitu setiap daerah memiliki dataran yang berbeda seperti wilayah di daerah pantai, pegunungan yang biasanya cenderung mengunakan bahasa yang singkat jelas dan dengan intonasi volume suara yang besar. Berbeda dengan pada pemukiman padat penduduk yang menggunakan bahasa lisan yang panjang lebar dikarenakan lokasinya yang saling berdekatan dengan intonasi volume suara yang kecil.

Jadi, jika kita berkunjung ke daerah daerah lain di Indonesia kita bisa menjumpai masyarakat yang menggunakan bahasa daerahnya atau dengan logat yang bermacam macam. Biasanya bahasa daerah ini digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang berada pada daerah yang sama, jika digunakan berkomunikasi dengan orang yang berbeda daerah mungkin saja tidak akan saling mengerti. Jadi menggunakan bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia.



0 komentar:

Posting Komentar