• Join Us on Google Plus!

Sabtu, 23 Januari 2016

PEMBAHASAN DAN KESIMPULAN PROPOSAL PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DIABETES BERBASIS WEB

Januari 23, 2016 // by Unknown // No comments

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1    Hasil Penelitian
Pembuatan sistem pakar diagnose penyakit diabetes berbasis web untuk mengetahui tentang  penyakit diabetes berupa gejala, bahaya dari penyakit diabetes, apa faktor penyebab terkena penyakit diabetes, gejala penyakit diabetes dan bagaimana cara penanganannya sehingga masyarakat bisa lebih tahu tentang penyakit diabetes dan dengan  menggunakan sistem pakar  ini pengguna dapat mengetahui bahwa gejala yang di alami sama dengan gejala diabetes maka bisa langsung dilakukan penanganan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mendapatan hasil bahwa masyarakat merasa terbantu dengan adanya system pakar ini sehingga masyarakat dapat mengeathui kondisi tubuhnya apakah sedang mengalami gejala diabetes atau tidak, serta bagaimana cara mencegah penyakit diabetes ini.

4.2     Pembahasan

Sistem pakar ini dirancang untuk pengembangan system informasi dalam bidang kesehatan khususnya dalam bidang penyakit diabetes. System pakar ini dirancang dengan berbasis web jadi masyarakat dapat menggunakan system pakar ini sehingga pengguna mendapatkan informasi tentang penyakit diabetes ini. Segala informasi yang tersedia pada system pakar berbasis web ini didapat dari sumber buku tentang penyakit diabetes, dokter yang kompeten dalam bidang penyakit diabetes serta para ahli tentang penyakit diabetes.


BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

5.1     Kesimpulan

Sistem pakar ini menyediakan informasi tentang penyakit diabetes serta pendiagnosaan penyakit diabetes pada seseorang berdasarkan gejalanya. Tentunya system pakar ini memiliki kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan dari system pakar ini adalah system pakar ini tidak hanya menyediakan fasilitas tentang pendiagnosaan penyakit diabetes pada seseorang berdasarkan gejalanya tetapi juga menyediakan informasi tentang penyakit diabetes mulai dari factor penyebab terkena penyakit diabetes, apa saja gejalanya dan bagaimana cara menanganinya.
Kekurangan dari system pakar ini adalah tidak adanya fasilitas konsultasi untuk pengguna jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan dan tidak member tahu obat apa saja yang harus digunakan untuk penyakit diabetes ini karena dalam pemberian obat merupakan wewenang dokter yang memeriksa kondisi tubuh secara langsung.

5.2    Saran

Untuk para pengguna yang menggunakan system pakar ini diharapkan untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter karena system pakar ini hanyalah sebuah media untuk memberikan informasi tentang penyakit diabetes serta diagnose apakah tubuh kita terkena gejala penyakit diabetes atau tidak. Jadi, jika sudah menggunakan system pakar ini dan mengetahui bahawa terkena penyakit diabetes maka segeralah konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang intensif.

0 komentar:

Posting Komentar