• Join Us on Google Plus!

Sabtu, 22 Oktober 2016

LAYANAN TELEMATIKA

Oktober 22, 2016 // by Unknown // No comments

Layanan telematika adalah layanan dial-up ke internaet maupun ke semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internte sendiri merupakan salah satu contoh telematika.
Ada 4 layanan telematika, layanan ini dihubungkan melalui jaringan telekomunikasi yang disediakan melalui perpaduan komunikasi, media dan teknologi informasi. Berikut penjelasan dari ke empat layanan telematika :
1.   Layanan Telematika di Bidang Informasi
Informasi sangatlah bermanfaat dan jika dimanfaatkan dengan baik informasi dapat menambah wawasan dan juga dapat dijadikan sebagai penunjang keputusan. Layanan telematika di bidang informasi memberikan kita akses mudah untuk mendapatkan berbagai informasi. Berikut contoh layanan telematika di bidang informasi :
·    Portal berita
·    Media hiburan dan informasi seperti Youtube
·    Informasi jalan raya atau cuaca
·    dll
2.   Layanan Telematika di Bidang Keamanan
Kemanan merupakan hal yang sangat penting untuk melindungi privasi atau data kita serta untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk jika jaringan berhasil diretas. Layanan keamanan memberikan fasilitas untuk menjaga kemanan data ataupun informasi pada kemanan jaringan. Kemanan jaringan disini adalah memberikan peningkatan tertentu untuk jaringan dan peningkatan jaringan ini dapat dilakukan terhadap :
·    Rahasia (Privacy)
·    Keterpaduan Data (Data Integrity)
·    Keaslian (Authenticity)
·    Convert Channel
Untuk contoh layanan kemanan yaitu : Anti virus, internet security, firewall, panggilan darurat dan lain-lain
3.   Layanan Telematika Context Aware dan Event Based
Context-awareness merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Contoh dari layanan telematika context aware & event based: Location-based service (mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang berada) dan Google maps
4.   Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Kebutuhan akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu :
·    Dilihat dari bidang Ekonomi
Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan kapasitas industry produk barang dan jasa.
·    Dilihat dari bidang Politik
Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada pelayanan public sehingga menghasilkan dukungan politik.
Dari kedua bidang tersebut diatas kebutuhan terhadap telematika akan dilihat dari dua aspek, yaitu :
·    Pengembangan peningkatan kapasitas industry.
·    Pengembangan layanan publik.
Sasaran utama dalam upaya pengembangan SDM telematika yaitu sebagai berikut :
·    Peningkatan kinerja layanan public yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan kecerdasan masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai katalisator pembangaunan.
·    Literasi masyarakat di bidang teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old generator dan today generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.
Kelebihan Layanan Telematika
1.   Masyarakat dapat merasakan pemerataan teknologi yang bisa menjadikan masyarakat menjadi  lebih banyak tahu akan ilmu karena mudahnya mengakses internet.
2.   Masyarakat tidak perlu kuatir lagi jika data atau akun serta passwordnya di ambil dan di salah gunakan oleh orang lain,karena sudah ada layanan keamaan di telematika.
3.   Layanan telematika sangat baik dan efektif digunakan untuk masyarakat karena dapat mempermudah segala sesuatu yang dulunya bersifat manual menjadi digital.

Kerugian Telematika
1.   Berkurangnya interaksi antar sesame manusia.
2.   Banyaknya pengetahuan tentang cara merugikan orang lain,seperti menjadi cracker.
3.   Banyaknya iklan-iklan atau situs-situs yang menyediakan konten 18+ yang bisa di akses oleh siapa saja tanpa ada batasan umur sehingga pola pikir anak jadi terganggu atau menjadi dewasa sebelum waktunya.


Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar