• Join Us on Google Plus!

Selasa, 08 November 2016

Fitur Pada Antarmuka Telematika

November 08, 2016 // by Unknown // No comments

Pengertian antarmuka
Antarmuka (inteface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana komunikasi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka (interface) sendiri merupakan sebuah komponen dari sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna dan dapat menerima informasi dari pengguna serta dapat memberikan informasi kepada pengguna.
Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).
1.      Command Line Interface (CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinterkasi dengan sistem operasi melauli text-terminal dengan mengetikkan baris-baris tertentu untuk menjalankan perintah dan program dari sistem operasi tersebut. Setiap sistem operasi memiliki nama dan istilah yang berbeda pada CLI-nya, contohnya pada UNIX dikenal sebagai bash, pada MS-DOS dikenal sebagai Command Prompt dan pada LINUX dikenal sebagai terminal dan pada APPLE dikenal sebagai Commandshell.
2.      Graphical User Interface (GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinterikasi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu dan perangkat petunjuk (Pointing Device). Elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP(Window, Icon, Menu, Pointing device).
Fitur pada pengguna antarmuka telematika
Terdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika. Fitur – fitur itu antara lain :
      1. Head Up Display System
Head Up Display (HUD) adalah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya.
      2. Tangible User Interface
Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik.
      3. Computer Vision
Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat.
      4. Browsing Audio Data
Browsing Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP.
      5. Spech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition).
      6. Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar