• Join Us on Google Plus!

Selasa, 08 November 2016

Head Up Display System

November 08, 2016 // by Unknown // No comments

Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pilot dapat melihat informasi dengan kepala terangkat (Head Up) dan melihat ke arah depan. Pada awalnya HUD dikembangkan untuk penerbangan militer, namun sekarang telah dikembangkan pada pesawat komersial, mobil dan aplikasi lainnya.
HUD pertama kali diperkenalkan pada tahun 1950-an, dengan teknologi reflektif gunsight pada perang dunia ke dua dimana tampilan dari sumber listrik yang diproyeksikan kesebuah kaca. Pemasangan proyektor dilakukan pada bagian atas panel instrumen di tengah daerah pilot yaitu antara kaca depan dan pilot itu sendiri.
Sebagai contoh adalah sistem proyektor dari angkatan udara Inggris Mrk Radar VIII. Layar radar diproyeksikan ke kaca depan pesawat bersama dengan cakrawala buatan yang memungkinkan pilot untuk melakukan interceptions tanpa mengalihkan mata mereka dari kaca depan. Pada tahun 1950-an, gambar dari reflektif gunsight diproyeksikan ke sebuah CRT (Cathode Ray Tube) yang dikendalikan oleh komputer yang terdapat pada pesawat.
Generasi Head Up Display System :

      1. Generasi pertama : Cathode Ray Tube (CRT)
Pada generasi ini CRT menampilkan image pada layar fosfor, namun teknologi ini tidak bertahan lama karena layar fosfor akan menurun kualitasnya dari waktu ke waktu karena mayoritas user memakai monitor setiap waktu.

      2. Generasi kedua : Liquid Crystal Display (LCD)
Suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. Pada LCD berwarna terdapat banyak sekali titik cahaya (pixel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya namun kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri

      3. Generasi ketiga
Menggunakan sistem gelombang optic untuk memproduksi image secara langsung di dalam kombinator dan sistem ini lebih baik daripada sistem proyeksi.

      4. Generasi keempat
Menggunakan scanning sinar laser untuk menampilkan image dan bahkan tampilan video kedalam media transparansi tembus cahaya. Teknologi yang lebih baru yaitu micro-display imaging. Teknologi ini sedang dikembangkan, yaitu teknologi dengan tampilan hablur cair yang ramah lingkungan dan hemat energy seperti OLED (organik light-emitting diode).
Penggunaan Head Up Display System dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

       1. HUD yang terikat pada badan pesawat atau kendaraan chasis. Sistem penentuan gambar yang ingin disajikan semata-mata tergantung pada orientasi kendaraan. HUD menampilkan elemen tampilan yang bergerak dengan orientasi kepala pengguna.

     2. HMD, Helmet mounted displays (HMD) secara teknis memiliki bentuk HUD, perbedaan nya adalah mereka menampilkan elemen tampilan yang bergerak sesuai dengan orientasi dari si pengguna helmet tersebut.
Banyak pesawat tempur modern (seperti F/A-18, F-22, Eurofighter) penggunaan baik HUD danHMD secara bersamaan. F-35 Lightning II dirancang tanpa HUD, mengandalkan hanya pada HMD, sehingga pejuang militer pertama modern tidak memiliki HUD tetap.

Keunggulan penggunaan Head Up Display System
Layar HUD sangat efisien dalam hal konsumsi daya. Sebuah head-up display menggunakan sekitar satu mikrowatt power. Head-up display menampilkan gambar proyek langsung ke retina, mereka menghasilkan gambar yang tajam dan jelas terlepas dari kondisi pencahayaan eksternal. Head-up display hanya memakai sebagian kecil perangkat keras dari perangkat layar konvensional, sehingga memungkinkan perangkat mobile menjadi lebih ringan dan elegan. Dengan keunggulan tersebut, Head-up display sangat berpotensi kuat untuk menggantikan layar LCD di ponsel, tablet, game portabel, atau bahkan laptop.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar