Penerapan Teknologi yang Terkait
Antarmuka Telematika
Oleh:
Rifky Radityatama
(17113677)
4KA08
Jurusan Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informatika,
Universitas Gunadarma
Abstrak
Teknologi telematika merupakan singkatan dari teknologi
komunikasi, media, dan informatika. Telematika bisa
diartikan sebagai teknologi jarak jauh yang mampu menyampaikan informasi satu
arah, timbal balik dengan menggunakan sistem digital. Pada teknologi telematika
ini terdapat fitur teknologi yang terkait antarmuka telematika. Terdapat enam
fitur teknologi antarmuka telematika yang sudah banyak diterapkan di berbagai
bidang.
1. Pendahuluan
Dalam
perkembangnnya teknologi sudah banyak diaplikasikan pada berbagai bidang
kegiatan. Pada bidang telematika sendiri sejak pertama kali digunakan hingga
saat ini sudah banyak sekali diaplikasikan pada berbagai bidang serta terus
dilakukan pengembangan teknologinya.
Telematika sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan
dari kehidupan manusia, bahkan menjadi komoditas industri, bisnis informasi,
media dan telekomunikasi. Secara umum telematika merupakan bertemunya sistem
jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Telematika
berkaitan dengan interface pada teknologinya dimana interface ini yang
bersentuhan langsung dengan manusia sehingga banyak orang ataupun perusahaan
yang mengembangkan teknologi interface telematika ini untuk diterapkan pada
produknya, sehingga mempunyai keunggulan serta dapat membantu kegiatan manusia
di berbagai bidang.
2. Metode Penulisan
Metode
penulisan yang digunakan yaitu dengan cara mencari materi pada website atau
blog di intenet yang berkaitan dengan penerapan teknologi yang terkait
antarmuka telematika.
3. Landasan Teori
3.1
Telematika
Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun
1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L'informatisation de la
Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata dalam bahasa Perancis
telematique merupakan gabungan dua kata telekomunikasi dan informatika.
Pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan
dengan penggunaan komputer dalam sistem telekomunikasi. Telematika juga
bisa di artikan sebagai teknologi jarak jauh yang mampu menyampaikan informasi
satu arah, timbal - balik dengan menggunakan sistem digital.
3.2 Antarmuka (interface)
Antarmuka (inteface) adalah salah satu layanan yang
disediakan sistem operasi sebagai sarana komunikasi antara pengguna dengan
sistem operasi. Antarmuka (interface) sendiri merupakan sebuah komponen dari
sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna dan dapat menerima
informasi dari pengguna serta dapat memberikan informasi kepada pengguna. Terdapat
dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User
Interface (GUI).
1. Command
Line Interface (CLI)
CLI adalah tipe
antarmuka dimana pengguna berinterkasi dengan sistem operasi melauli
text-terminal dengan mengetikkan baris-baris tertentu untuk menjalankan
perintah dan program dari sistem operasi tersebut.
2. Graphical
User Interface (GUI).
GUI adalah tipe
antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinterikasi dengan sistem
operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu dan perangkat petunjuk
(Pointing Device). Elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep
WIMP(Window, Icon, Menu, Pointing device).
3.3 Head Up Display System
Head Up Display
(HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa
mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang
biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pilot dapat melihat informasi dengan
kepala terangkat (Head Up) dan melihat ke arah depan. Pada
awalnya HUD dikembangkan untuk penerbangan militer, namun sekarang telah
dikembangkan pada pesawat komersial, mobil dan aplikasi lainnya.
3.4 Tangible User Interface
Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah
antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat
lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi
digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di
Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group.
3.5 Computer Vision
Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu
pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan,
komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem
kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya
dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan deri beberapa
kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.
3.6 Browsing Audio Data
Browsing Audio Data merupakan metode browsing jaringan
yang digunakan untuk browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP
kamera. Sebuah komputer lokal digabungkan ke LAN (local area network) untuk
mendeteksi IP kamera.
3.7 Speech Recognition
Speech
recognition dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (Automatic Speech
Recognition) atau pengenal suara computer (Computer Speech Recognition)
merupakan fitur telematika yang merubah suara menjadi tulisan.
3.8 Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari
pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech
syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras.
Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.
4. Pembahasan
Pada teknologi
antarmuka telematika terdapat 6 macam fitur yaitu Head Up Display System,
Tangible User Interface, Computer Vision, Browsing Audio Data, Speech
Recognition dan Speech Synthesis dimana 6 macam fitur ini sudah banyak
diterapakan pada kehidupan manusia.
4.1 Head
Up Display System
HUD pertama kali diperkenalkan pada tahun 1950-an,
dengan teknologi reflektif gunsight pada perang dunia ke dua dimana tampilan
dari sumber listrik yang diproyeksikan kesebuah kaca. Pemasangan proyektor
dilakukan pada bagian atas panel instrumen di tengah daerah pilot yaitu antara
kaca depan dan pilot itu sendiri.
Sebagai contoh
adalah sistem proyektor dari angkatan udara Inggris Mrk Radar VIII. Layar radar
diproyeksikan ke kaca depan pesawat bersama dengan cakrawala buatan yang
memungkinkan pilot untuk melakukan interceptions tanpa mengalihkan mata mereka
dari kaca depan. Pada tahun 1950-an, gambar dari reflektif gunsight
diproyeksikan ke sebuah CRT (Cathode Ray Tube) yang dikendalikan oleh komputer
yang terdapat pada pesawat.
Contoh
penerapan Head Up System :
1.
Penerapan
HUD yang dipasang pada dashboard antara setir dan kaca depan mobil.
HUD dipasang
di dashboard dan disambungkan dengan on-board computer mobil (semua mobil yang
diproduksi sejak tahun 1996 sudah memakai on-board computer). Setelah
terpasang, HUD akan memasangkan diri dengan smartphone pengguna via bluetooth
dan dikontrol hanya memakai suara atau gerakan tangan tanpa sentuh (gesture).
HUD memberikan kemampuan kepada pengemudi untuk menjawab telpon, membalas SMS,
dan menanyakan petunjuk arah tanpa menyentuh atau merubah pandangan mata
pengemudi.
2.
Teknologi
HUD pada kaca helm
Helm masih terus menjadi perhatian bagi para pengembang
teknologi modern saat ini. Helm akan memiliki fungsi lain selain fungsi
utamanya sebagai pelindung kepala dari kecelakaan, fungsi lainnya yaitu akan
memiliki fungsi sebagai penyedia informasi dikarenakan adanya teknologi Head Up
Display (HUD) yang telah tertancap di kacanya.
Perusahaan pembuat helm seperti Nuviz yang berasal dari
San Diego telah berhasil mengaplikasikan teknologi HUD pada sebuah helm motor.
Nuviz menanamkan sistem HUD pada sebuah kaca helm jenis full face. Sementara
untuk sejumlah fungsi pengaturannya, sebuah sistem kontrol bluetooth juga sudah
disediakan untuk ditanamkan pada stang stir motor, kevlar gloves, maupun
smartphone. Dengan teknologi ini, nantinya visior helm akan mampu menampilkan
sejumlah data pada pengendara motor seperti GPS, telemetri, kecepatan kendaraan
dalam bentuk speedometer dan lain sebagainya. Selain itu teknologi ini juga
dirancang mampu menghadirkan sejumlah hiburan seperti musik dan menampilkan
ataupun menangkap gambar.
4.2 Tangible
User Interface
Penerapan
Tangible user interface :
1. Mouse
Mouse
merupakan penerapan dari TUI yang paling sederhana dimana menyeret mouse pada
permukaan datar dan gerakan pointer pada layar yang sesuai merupakan cara
berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi onjek fisik.
2. Siftables
Merupakan
perangkat kecil yang memiliki bentuk menyerupai batu bata kecil dengan
interface yang memiliki jumlah lebih dari satu dan mampu berinteraksi dengan
yang lainnya tergantung pada posisinya.
3. Reactable
Reactable
adalah alat musik yang dirancang dengan keadaan teknologi seni untuk
memungkinkan musisi (dan lainnya) untuk bereksperimen dengan suara dan
menciptakan musik yang murni.
4. Microsoft
Surface
Merupakan
sebuah teknologi dengan layar multi sentuh yang memungkinkan pengguna untuk
berinteraksi dengan built in system pada waktu yang sama, pada teknologi ini
pun dapat mengenali objek yang ditempatkan diatasnya dan dapat mengatur sendiri
perilaku yang terkait dengan benda-benda serta bagaimana kita dapat
memanipulasinya.
5. Marble
Answering Machine
Contoh lain dari Tangiable User Interface adalah Marble
Answering Machine (Mesin Penjawab Marmer) oleh Durrell Uskup (1992). Marmer
merupakan suatu pesan yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan marmer
ke piring pemutar,lalu memutar ulang pesan yang terkait.
6. Sistem
Topobo
Blok di Topobo
seperti blok LEGO yang bisa diambil bersama-sama, tetapi juga dapat bergerak
sendiri menggunakan komponen bermotor. Seseorang dapat menggerakkan blok-blok
tersebut dan blok-blok ini pun dapat menghafal gerakan dan mengulangi gerakan
tersebut. Sistem ini akan mengintegrasikan kamera video dengan sistem
pengenalan isyarat.
4.3 Computer
Vision
Penerapan
computer vision di beberapa bidang :
1. Bidang
pertahanan dan keamanan (Militer)
Mendeteksi
tentara musuh dan bimbingan rudal. Sistem canggih untuk panduan mengirim rudal
pada target yang spesifik dan pemilihan target yang dibuat ketika rudal
mencapai daerah berdasarkan data citra yang diperoleh secara lokal.
2. Bidang
industri perfilman
Semua
efek-efek di dunia akting, animasi dan penyotingan adegan film semua direkam
dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer serta animasi yang
dikembangkan dengan aplikasi komputer. Contohnya pada film titanic yang
menggunakan tambahan animasi yang menggambarkan kapal raksasa yang terbelah dan
tenggelam.
3. Bidang
pengolahan citra dalam kedokteran
Pada
bidang ini digunakan untuk tujuan membuat diagnosis medis pasien yang secara
umum data citra dalam bentuk gambar mikroskop, gambar X-ray gambar angiografi,
gambar ultrasonik dan gambar tomografi.
4.4 Browsing
Audio Data
Browsing Audio Data
merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio
data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Jaringan video / audio metode
browsing mencakupi langkah-langkah sebagai berikut: Menjalankan sebuah program
aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam
kamera IP.Transmisi untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic
Domain Name Server) oleh program aplikasi.Mendapatkan kamera IP pribadi alamat
dan alamat server pribadi sehingga pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP
melalui kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi compile ke layanan
server melalui alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan video / audio
data yang ditangkap oleh kamera IP, dimana server layanan menangkap video /
audio data melalui Internet.
Contoh penerapan browsing audio data yaitu pada 4shared
yang merupakan sebuah web yang menyediakan penyimpanan data-data multimedia
seperti musik dan video, yang nantinya akan dibrowsing kembali untuk di putar
di web tersebut atau dapat pula di download.
4.5 Speech
Recognition
Speech recognition adalah suatu pengembangan teknik dan
sistem dimana komputer dapat menerima masukkan berupa kata yang diucapkan.
teknologi ini memungkinkan suatu perangkat dapat mengenali dan memahami
kata-kata yang diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal
digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang sudah tersimpan pada suatu
perangkat. Teknologi sppech recognition ini sudah banyak diterapkan, berikut
beberapa contoh penerapan speech recognition.
·
Bidang
kesehatan
Alat pengenal ucapan pada bidang kesehatan ini untuk
membantu para penyandang disabilitas dalam beraktivitas. Pada aplikasi Voice
User Interface (VUI) yang menggunakan teknologi pengenal ucapan yang salah
satunya untuk pengendalian saklar lampu untuk membantu manusia yang mempunyai
kekurangan fisik, sehingga saklar tidak perlu digerakkan secara manual tetapi bisa
dengan mengeluarkan perintah dalam bentuk ucapan.
·
Bidang
penerbangan
Aplikasi pengenal ucapan dalam bidang ini adalah pada
pengatur lalu-lintas udara atau dikenal dengan Air Traffic Controllers (ATC)
yang dipakai oleh para pilot untuk mendapatkan keterangan mengenai keadaan
lalu-lintas seperti radar, cuaca dan navigasi. Alat pengenal ucapan digunakan
sebagai pengganti operator yang memberikan informasi kepada pilot dengan cara
berdialog.
4.6 Speech
Synthesis
Speech Synthesis adalah produk buatan dari pembicaraan
manusia. Sebuah sistem komputer yang digunakan untuk tujuan ini yaitu speech
synthesizer yang dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras.
Sistem text-to-speech (TTS) mengkonversi bahasa dalam teks normal ke dalam
pembicaraan, sistem lain membuat representasi bahasa isyarat seperti transkipsi
fonetik ke dalam pembicaraan.
Contoh penerapan penerapan Speech Synthesis :
·
Bagi tunanetra, pemandu suara menawarkan
media komunikasi dimana mereka dapat memiliki akses yang tidak terbatas.
·
Lingkungan dimana visual dan haptic
skill user berfokus pada hal lain. Contohnya yaitu sinyal bahaya pada kokpit
pesawat.
5. Kesimpulan
Ada beberapa
macam teknologi yang terkait antarmuka telematika ini dimana dari setiap
teknologi ini mempunyai fungsi serta kegunaan yang berbeda-beda. Penerapan
teknologi yang terkait antarmuka telematika ini sangat berguna untuk membantu
kegiatan manusia di berbagai bidang seperti bidang militer, kesehatan,
otomotif, serta dapat juga membantu kepada para penyandang disabilitas.
6. Daftar Pustaka
0 komentar:
Posting Komentar